Review Buku Desain Rekayasa Gempa Berbasis Kinerja

Review Buku Desain Rekayasa Gempa Berbasis Kinerja Tavio dan Usman Wijaya
Sumber : Deisyna Group

Hallo Readers. . .Sesuai Judulnya, Artikel kali ini kita akan membahas salah satu buku yang sudah saya baca. DESAIN REKAYASA GEMPA BERBASIS KINERJA oleh Tavio dan Usman Wijaya. Buku ini sudah terbit sampai Jilid II dengan judul yang sama. Seperti yang kita tahu ada banyak sekali buku-buku yang memiliki tema dan bahasan yang sama, namun berdasarkan apa yang sudah saya baca buku ini sangat bagus bagi anda yang ingin memperdalam pengetahuan tentang gempa. Sebelum kita ulas lebih jauh tentang buku ini, kita kenalan dulu dengan penulis nya ya.


Tavio, siapa sih yang tidak tahu dengan bapak yang satu ini, beliau adalah seorang Profesor (Guru Besar) Teknik Sipil Institut Teknologi Sepuluh November (ITS)-Surabaya. Beliau juga menjadi anggota berbagai Asosiasi Profesi antara lain : Joint ACI-ASCE Committee 441 “Reinforced Concreted Columns:, American Concrete Institue (ACI), Precast/Prestressed Concrete Institute (PCI), International Association for Lif-Cycle Civil Engineering (IALCCE), Asian Concrete Federation (ACF), Indonesian Structural/Civil Engineer Society (HAKI), Indoneisan Steel Society Association (AMBI), dan Indonesian Eartquake Enginering Association (AARGI). Sudah banyak buku-buku yang beliau tulis antara lain :
  1.  Nawy; Tavio; dan Kusuma , 2010. Beton Bertulang: Sebuah Pendekatan Mendasar (Edisi Kelima, Edisi Tata Cara ACI 318-05) Jilid 1 dan 2, Surabaya, ITS Press
  2. Tavio; dan Kusuma, 2009. Desain Sistem Rangka Pemikul Momen dan Dindng Struktur Beton Bertulang Tahan Gempa (Sesuai SNI 03 : 2847 : 2002 dan SNI 03 : 1726 : 2002), Surabaya, ITS Press
  3. Purwono; Tavio; Imran; dan Raka, 2010. Tata Cara Perhitungan Struktur Beton Untuk Bangunan Gedung (SNI 03 : 2847 :2002), Surabaya, ITS Press
  4.  Purwono; danTavio, 2010. Evaluasi Cepat Sistem Rangka Pemikul Momen Tahan Gempa (Sesuai SNI 03: 2847:2002 dan SNI 03:1726:2002), Surabaya, ITS Press
  5. Tavio; dan Lasino, Tata Cara Penentuan Proporsi Campuran Untuk Beton dengan Semen Portlan Biasa, Semen Portland Pozzolan dan Semen Portland Komposit, (Berdasarkan SNI  7656:2012; dan ACI 211.1-91), Solo, Cipta Pustaka
  6. Tavio, 2007. Persyaratan Beton Struktural untuk Bangunan Gedung ( SNI 2847:2013) dan Penjelasan, Surabaya, ITS Press
  7. Tavio; dan Lesmana, Konsep dan Desain Sistem Rangka Momen Khusus (SRMK) Beton Bertulang Tahan Gempa  (Berdasarkan SNI  2847:2013; dan SNI 1726:2013)
Berikut ini beberapa Cover Buku karya bapak Ir. Tavio Ms., PhD :

Selain itu pak Tavio juga Reviewer beberapa jurnal internasional seperti : American Concrete Institue (ACI), Structrual and Material Journals, Korean Society of Civil Engineers (KSCE) dan masih banyak yang lain nya.
Selanjut nya pak Usman Wijaya.
  

 Usman Wijaya memiliki  perusahaan konsultan struktur PT. Deltakoni di Bekasi, Beliau adalah pendiri PT. Deltakoni. Disamping itu, saat ini beliau sedang melanjutkan studi program Doktor Teknik Sipil di Universitas Tarumanegara JakartaKonsentrasi Struktur. Beliau juga menjadi anggota berbagai Asosiasi seperti American Concrete Institute (ACI), ACI Indonesia Chapter (ACI-IC) Indonesia Structural/Civil Engineer Society (HAKI).



Keren-keren ya ?, semoga kita semua bisa berprestasi seperti keduanya.. Aamiin !
Berikut ini adalah daftar isi dari buku DESAIN REKAYASA GEMPA BERBASIS KINERJA oleh Tavio dan Usman Wijaya :

Dari daftar isi diatas kita bisa simpulkan bahwasannya buku ini sangat bagus untuk dijadikan refernsi karena dikemas dengan sangat lengkap, BAB 1 dan 2 konsen membahas detail tentang apa itu gempa, Sejarah terjadinya gempa, jenis-jenis gelombang, efek yang di sebabkan oleh gelombang, besaran yang digunakan untuk mengukur gempa/gelombang dan Teknologi yang digunakan untuk mengantisipasi gempa itu sendiri (Bangunan tahan gempa).
BAB 3 berisikan pembahasan tentang Kinerja Strukur, apa itu kinerja struktur ? Kinerja Struktur adalah tingkatan performa suatu struktur terhadap gempa rencana. Pada bab ini teman-teman akan belajar Kinerja Struktur dengan Metode ATC-40 dan Metode FEMA 356, 440. Pada Metode ATC-40 kita akan mengetahui Kondisi Bangunan dan Kategori Bangunan pada Tingkat Kinerja seperti Immediate Ocupancy (IO), Damage Control (DO), Life Safety (LS), Limited Safety, Structural Stability (SS), dan Not Considered begitupun dengan Metode FEMA 356. Untuk memahami lebih detail teman-teman bisa baca buku nya ya.
BAB 4 membahas tentang Metode DDBD (Direct Displacement Based Design), bab ini membahas mengenai bagaimana konsep metode DDBD digunakan, dengan menekankan pada pendekatan secara perpindahan (displacement) dengan menggunakan karakteristik redaman viscous ekuivalen saat kondisi inelastik. Pemahan yang di gunakan pada bab ini menggunakan teori Priestley.
BAB 5 membahas tentang Respon Struktur Terhadap Gempa, beberapa parameter yang digunakan dalam mendesaian Stuktur  di jabarakan pada bab ini, adapun pembahasan Idealisasi Respon Struktur menurut SNI 1726 2002 dan 2012.
BAB 6 akan belajar Mendesain Gaya Geser dengan Metode DDBD (Direct Displacement Based Design), Dalam bab ini akan dibahas mengenai desain gaya geser dasar dengan metode DDBD. Adapun  objek gedung yang akan di desain yang dijabarkan pada bab ini. Pembahasan beban Statis (Beban Mati Beban Hidup) dan Dinamis (Respon Gempa Elastis), Perhitungan Berat Bangunan dan Desain Gaya Geser Dasar.
Yang membuat menarik buku ini adalah setelah mempelajari teori-teori dasar nya, buku ini dilengkapi dengan materi bagaimana kita Memodelkan Struktur Menggunakan ETABS v9.7.2 , sehingga kita bisa mempraktekan langsung bagaimana memodelkan struktur dengan benar, input beban-beban struktur yang sudah di pelajari sebelumnya pada Software ETABS v9.7.2, Run Analysis (Run 1 Menentukan Proporsi Gaya Geser, Run 2 Menghitung Gaya Dalam pada Elemen Struktur, Run 3 Run Static Pushover Analysis). step by step nya pun mudah di ikuti. Pembahasan ini kita bisa pelajari pada BAB 7 tentang Pemodelan Struktur Menggunakan ETABS v9.7.2
Setelah melakukan Pemodelan Struktur pada ETABS v9.7.2, hasil output yang di dapat akan di oleh pada BAB 8. BAB 8 tentang Pendetailan Struktur, pada bab ini akan membahas lebih detail dalam mendesain elemen struktur atas seperti Kolom, Balok dan Dinding Geser (Shear Wall), secara garis besar pembahasan dimulai dengan mengecek syarat-syarat elemen struktur, menghitung kebutuhan tulangan longitudinal, tulangan transversal dan cek syarat HBK (Hubungan Balok Kolom) yang mengacu kepada SNI 2847:2013.
BAB 9 Evaluasi Kinerja & Asesmen, berisikan tentang Kesimpulan dari pembahasan-pembahasan sebelumnya (BAB 1 – BAB 8).

Buku DESAIN REKAYASA GEMPA BERBASIS KINERJA ini dijual seharga Rp. 129.000, relative murah lah ya, isi nya juga bagus, lengkap pula gak bakal nyesel. Buku ini dijual dibanyak toko online seperti Tokopedia, Bukalapak, Belbuk dan masih banya lainnya. Saya juga Reseller buku-buku teknik (tersedia buku Desain Rekayasa Gempa Berbasis Kinerja ini) jadi teman-teman yang mau pesan bisa menghubungi saya juga :D.
Semoga Bermanfaat !
Terimakasih, salam hangat
A.K


Share:

18 komentar:

  1. Artikel cukup menerangkan untuk orang yang mau tau atau mau beli buku tsb. baik untuk keperluan pekerjaan maupun akademisi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih, tolong share agar bisa bermanfaat bagi teman yang lainnya

      Hapus
  2. Jadi ke inget dulu pas Tugas ahkir, menganalisis tinggi efektif shearwall saya mengacu ke buku Tavio; dan Kusuma, 2009. Desain Sistem Rangka Pemikul Momen dan Dindng Struktur Beton Bertulang Tahan Gempa..

    BalasHapus
  3. Buku nya memang bagus, dan mudah di pahami, recomended untuk di jadikan referensi 👌

    BalasHapus
  4. Sudah saya rencanakan, part 1 sdh saya buatkan. Akan saya buatkan kedepannya 😊

    BalasHapus
    Balasan
    1. Link Tutorial :
      https://deisyna-group.blogspot.com/2018/05/perencanaan-gedung-menggunakan-etabs.html

      Hapus
  5. Maaf kak mau tanya, buku ini terbitan tahun berapa ya?

    BalasHapus
  6. Sy sudah punya bukunya...oh ya, adakah yg punya file denah apartement di buku tersebut?

    BalasHapus
  7. apakah buku ini cocok untuk pemodelan struktur gedung baja?

    BalasHapus

Translate

Total Pageviews

Service

Nama

Email *

Pesan *